ELISTON FRANSISKUS NADEAK

Kamis, 25 November 2010

Jakarta Andalkan 4 Sektor Industri Kecil Unggulan

Jakarta - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta akan mengandalkan empat sektor industri kecil menengah (IKM) unggulan. Empat sektor IKM itu antara lain industri makanan-minuman, garmen dan fesyen, mebel, dan perhiasan.

Kepala Dinas Perindustrian dan Energi Pemprov DKI Jakarta Yusuf Effendi Pohan mengatakan selama ini sektor-sektor IKM itu memiliki kekuatan basis ekspor yang kuat.

"Itu sudah masuk dalam produk unggulan DKI Jakarta," kata Yusuf dalam acara jumpa pers di kantor ke Kementerian Perindustrian, Jakarta, Kamis (25/11/2010).

Dikatakannya pihaknya akan terus mendorong pengembangan IKM keempat sektor tersebut. Di antaranya dengan membangun unit-unit pelayanan terpadu (UPT) untuk membantu para pelaku IKM di berbagai sektor.

Sementara di sisi promosi, Pemprov DKI Jakarta terus menggenjot berbagai pameran yang strategis untuk meningkatkan promosi produk-produk berbagai IKM yang ada di DKI Jakarta. Di antaranya sektor kerajinan, industri plastik dan kemasan, industri kulit, sepatu, tas, industri dasar, logam, kimia dan manufaktur, dan elektronika.

"Kita dan Kadin Jakarta akan kembali menggelar pameran Jakarta IKM Expo mulai 8-10 Desember 2010 di Plaza Kementerian Perindustrian," katanya.

Yusuf menuturkan pameran IKM kali ini menjadi penutup di akhir tahun dari kegiatan promosi IKM di Jakarta. Ia berharap transaksi pameran bisa meningkat sampai 30% dari tahun lalu yang hanya mencapai Rp 600 juta.

"Tahun lalu memang makanan dan pakaian yang cukup tinggi," katanya.

Ia menjelaskan IKM yang akan ikut serta mencakup 56 IKM di DKI Jakarta, yang merupakan IKM binaan BUMN, BUMD dan swasta nasional. Rencanannya pihak Kadin Jakarta akan memfasilitasi pameran IKM berbasis ekspor di pameran Muslim World BIZ (Business & Investment Zone) di Malaysia pada Juni 2011.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar