ELISTON FRANSISKUS NADEAK

Senin, 21 Maret 2011

World Bank: Rekonstruksi Jepang Akan Berlangsung 5 Tahun

SINGAPURA - Bank Dunia (World Bank) menuturkan Jepang kemungkinan memerlukan waktu selama lima tahun untuk melakukan rekonstruksi pascagempa dan tsunami yang menimbulkan kerugian hingga USD235 miliar.Ilustrasi: Tsunami Jepang
Bencana yang terjadi pada 11 Maret lalu dan menewaskan lebih dari 8.600 orang dan membuat 12.800 orang hilang ini diproyeksikan akan memangkas pertumbuhan ekonomi negara tersebut hingga 0,5 persen pada 2011 ini. Dampaknya, akan sangat terasa pada semester I tahun ini.

"Kerusakan yang terjadi du perumahan dan infrastruktur tidak bisa diprediksikan. Pertumbuhan ekonomi tampaknya harus rela menurun, dan upaya rekonstruksi bisa berlangsung hingga lima tahun," jelas World Bank seperti dilansir dari Associated Press (AP), Senin (21/3/2011).

Bank Dunia memperkirakan nilai kerusakan akibat bencana alam itu sekira USD123 miliar hingga USD235 miliar, dan biaya yang harus dikeluarkan oleh pihaki asuransi swasta untuk menutupi klaim yang terjadi antara USD14 miliar hingga USD33 miliar.

Dia juga mengatakan pemerintah Jepang akan menghabiskan dana sebesar USD12 miliar untuk rekontruksi yang diambil dari anggaran belanjanya. Anggaran ini pun diproyeksikan akan lebih besar lagi pada periode mendatang.

Krisis nuklir yang terjadi sekarang ini sudah merembet ke dalam makanan dan minuman yang diproduksi di Jepang. Jejak radiasi pertama kali terdeteksi pada bayam dan susu dari peternakan di dekat pabrik nuklir akan kembali jauh dalam air keran, hujan dan bahkan debu. Pemerintah mengatakan tingkat radiasi terlalu kecil untuk menimbulkan risiko langsung terhadap kesehatan.

Hal ini diproyeksikan akan menurunkan permintaan konsumen jangka pendek di Jepang dan produksi manufaktur juga akan merugikan perdagangan dengan negara-negara tetangga. Perusahaan elektronik Korea Selatan telah melihat potensi dari chip memori akan tumbuh sebesar 20 persen lantaran produksi di Jepang. Sementara eksportir mobil Thailand mengatakan akan kehabisan onderdil mobil produksi Jepang pada bulan depan.
 
sumber :
http://economy.okezone.com/read/2011/03/21/213/437012/world-bank-rekonstruksi-jepang-akan-berlangsung-5-tahun

Tidak ada komentar:

Posting Komentar