ELISTON FRANSISKUS NADEAK

Sabtu, 10 April 2010

Gubernur Bank Sentral Polandia Tewas

MOSKOW - Gubernur Bank Sentral Polandia Slawomir Skrzypek tewas dalam kecelakaan pesawat pada Sabtu (10/4/2010) Skrzypek tewas bersama sejumlah pejabat Polandia lainnya, saat bertolak ke Rusia dalam rangka kunjungan kenegaraan.

Pejabat yang turut menjadi korban yakni, Kepala Staf Angkatan Darat Jenderal Franciszek Gagor dan Deputi Menteri Luar Negeri Andrzej Kremoer. Setidaknya nama-nama tersebut adalah pejabat yang berada di daftar penumpang.

Dilansir dari Associated Press, Sabtu (10/4/2010), pesawat bernomor TU-154 yang mengangkut 132 orang tersebut jatuh saat mendarat di Rusia barat. Penyebab kecelakaan sendiri masih belum jelas, namun laporan mengatakan ada kabut tebal di daerah itu.

"Pesawat yang mengangkut presiden dan pejabat Polandia lainnya tidak sampai ke landasan pacu ketika mendarat. Temuan semetara menunjukkan, bahwa pesawat itu menghantam puncak pohon dan jatuh terbelah dua. Tidak ada yang selamat dari bencana tersebut," kata Sergei Anufriev.

Kementerian luar negeri Polandia mengkonfirmasi, Kaczynski dan istrinya berada dalam pesawat bersama pejabat lainnya. Kepala badan investigasi Rusia Sergei Markin mengatakan, ada total 132 orang di dalam pesawat Tu-154.

Kaczynski beserta rombongan terbang ke Rusia untuk acara-acara yang menandai peringatan 70 tahun pembantaian ribuan petugas Polandia oleh polisi rahasia Soviet di Katyn dan di tempat lain selama Perang Dunia II. Pesawat yang dinaiki presiden adalah Tupolev Soviet-built TU154M, setidaknya telah berusia 20 tahun

Tidak ada komentar:

Posting Komentar